Sebuah cabang filsafat yang berhubungan dengan apa yang
dianggap benar dan salah. Kode etik. Koleksi prinsip dimaksudkan sebagai
panduan bagi anggota perusahaan atau organisasi.
Masalah
etika dapat dikategorikan menjadi empat jenis:
• Pribadi
• Ketepatan
• Milik
• Aksesibilitas
• Privasi – Mengenai apa yang
dikumpulkan, disimpan, dan dibagikan ke orang lain
• Akurasi – Apa yang dilakukan untuk
menjamin keotentikan dan akurasi data
• Properti – Siapa yang memiliki kekayaan
intelektual dan bagaimana kompensasinya dikelola
• Aksesabilitas – Siapa yang bisa mengakses
informasi yang dibagikan
Dampak IT Pada
Kehidupan Manusia
1.Dampak dalam
organisasi=IT bisa digunakan untuk merubah struktur organisasi dan berkerja
jarak jauh, sehingga memudahkan pekerjaan
2.Dampak dalam pekerjaan=
– Beberapa pekerjaan akan tereliminasi
karena tidak diperlukan dan tergantikan oleh layanan IT, khususnya perantara – Banyak deskripsi pekerjaan yang harus didefinisikan ulang karena pengaruh IT– Kemampuan IT menjadi persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan tertentu
3.IT dan Individu:
1.Dehumanisasi, yang menyebabkan
kehilangan kontak sosial (banyak orang menjadi anti-sosial)
2.Peningkatan beban kerja dan permintaan
akan kemampuan komputer, karena meluasnya
pengaruh IT di kehidupan
3.Penggunaan komputer secara berlebihan
yang tidak baik untuk kesehatan
1.Beberapa orang berpendapat bahwa IT
meningkatkan kualitas hidup seseorang
2.Fokus pada kesenjangan antara masyarakat
yg menggunakan IT dan tidak menggunakan IT
3.Komunitas Internet menyediakan kontak
sosial untuk orang dengan ketertarikan yang
sama
4.Telecommuting menambah fleksibiltas bagi
karyawan dan perusaha
Kerentanan dan Kejahatan Komputer
Pencurian identitas. Kejahatan di mana seseorang menggunakan
informasi pribadi orang lain untuk membuat identitas palsu dan kemudian
menggunakannya untuk beberapa penipuan .
Jenis Kejahatan Komputer dan Penjahat
• Hacker
= Orang luar yang telah menembus sistem komputer, biasanya tanpa maksud
kriminal.
• Cracker
= Seorang hacker jahat.
• Social
engineering = Bepergian sistem keamanan dengan menipu pengguna komputer untuk
mengungkapkan informasi sensitif atau mendapatkan hak akses tidak sah.
• Cybercrime
= Kegiatan ilegal dilakukan di Internet.
• Mengidentifikasi
pencurian. Sebuah pidana (pencuri identitas) bertindak sebagai orang lain.
• Cyberwar
= Perang di mana sistem informasi suatu negara bisa lumpuh dari serangan
besar-besaran oleh perangkat lunak destruktif.
• Virus
= Software yang dapat melampirkan sendiri ke ('' menginfeksi '') program
komputer lain tanpa pemilik program menyadari infeksi.
Perlindungan
IT
Untuk melindungi
sistem informasi dari suatu organisasi, maka digunakan sistem keamanan. Tujuan
dari penggunaan sistem keamanan ini adalah :
1.mencegah
kerusakan
2.mendeteksi
ancaman sebelum kerusakan menyebar
3.membatasi
kerugian dari ancaman
4.merencanakan
tahap recovery (pemulihan) bila terjadi serangan,
5.memperbaiki
sistem agar kerusakan tidak terulang lagi.
Strategi yang
digunakan:
1. Strategi
proteksi umum:
• Menambah keamanan fisik pada fasilitas dan
sumber daya
• Mengontrol akses ke sistem
• Melindungi data dari akses tidak sah
2. Strategi
dengan kendali aplikasi:
• Memastikan kualitas input
• Verifikasi kualitas processing
• Memastikan kualitas dan aksesbilitas dari
output
3. Strategi
dengan kendali jaringan
• Mengontrol akses ke network resource
• Melindungi data di jaringan dengan
enkripsi
• Memonitor dan mendeteksi penyusup
• Melindungi dengan firewall
0 komentar:
Posting Komentar
- Silahkan Beri komentar kritik dan saran
- Berkomentarlah yang sopan
- Dilarang spam
- Hargai Blog pembuat artikel
- Jika ingin copas | sertakan url / blog kami